DPR Usul Tes Honorer K2 Hanya Seleksi Administrasi

Kamis, 21 Mei 2015 - 04:27 WIB
DPR Usul Tes Honorer K2 Hanya Seleksi Administrasi
DPR Usul Tes Honorer K2 Hanya Seleksi Administrasi
A A A
JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR mengusulkan tes ulang mantan honorer K2 hanya mengikuti seleksi administrasi. Dengan demikian tidak perlu diadakan tes menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Honorer Kategori 2 (K2) adalah tenaga kerja honerer yang harus mengikuti seleksi apabila ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Dalam rapat dengar pendapat memang kita inginkan cukup dilaksanakan seleksi administrasi. Ini nanti yang akan kita bawa ke dalam rapat panja. Kita usulkan ini," ujar Anggota Panja Bambang Riyanto di Jakarta, Rabu 20 Mei 2015.

Seperti diketahui, pemerintah berencana melakukan seleksi ulang terhadap mantan honorer K2 pada tahun ini. Rencananya 30 ribu formasi akan diisi oleh para mantan honorer K2.

Dia mengatakan permintaan adanya seleksi administrasi tanpa adanya tes kompetensi akan meminimalisasi honorer bodong. "Hal ini sangat rentan dimanipulasi ataupun disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Harusnya diisi oleh honorer K2 yang asli," kata Bambang.

Terkait kompetensi honorer jika hanya dilakukan seleksi administrasi, Bambang menandaskan pegawai honorer bukan pengangguran. Menurut dia honorer yang telah mengabdi puluhan tahun tersebut telah memiliki kemampuan dalam menjalankan tugasnya.

"Kalaupun memang dinilai masih kurang, bisa diberi pelatihan misalnya untuk pendidikan, kesehatan dan pegawai teknis jika dinilai ketinggalan jaman bisa mereka diberi pelatihan," tuturnya.

Bambang mengatakan pengabdian para honorer harus dihargai. Apalagi banyak honorer yang mengabdi di daerah terpencil.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)